Selasa, 28 April 2015

Filled Under: ,

Manfaat Embun Pagi Dan Sinar Matahari Bagi Burung Piaraan


Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk mengeluarkan burung dari rumah. Embun pagi dan sinar matahari adalah sumber kehidupan bagi kehidupan mahluk yang berada di bumi, terutama bagi manusia dan hewan / burung. Ketika bangun pagi dan udara berganti dengan cuaca yang cerah tak menutup kemungkinan kita akan menghirup udara yang segar dan menghangatkan kulit dan bulu pada burung peliharaan kita.


Mari kita tengok manfaat sinar matahari bagi kesehatan tubuh kita dan burung peliharaan kita ;

- MATAHARI PAGI
- MENGANDUNG VITAMIN D (berkas sinar ultraviolet disaring dikulit merubah kolesterol menjadi vitamin D)
- MEMBENTUK DAN MEMPERBAIKI TULANG
- PENAWAR INFEKSI DAN PEMBUNUH BAKTERI
- MENINGKATKAN KEBUGARAN PERNAFASAN BAGI MANUSIA DAN BURUNG.
- MEMBUAT KEKEBALAN PADA TUBUH DAN BURUNG PIARAN

Menerima sengatan matahari selama 5 menit sama artinya dengan memberikan 400 unit vitamin D pada tubuh manusia dan burung piaraan. Pengembunan juga bermanfaat bagi burung yang macet berbunyi, serta bermanfaat bagi burung yang hanya ngeriwik saja.

Beberapa pendapat lain mengatakan pengembunan kurang cocok bagi burung paruh bengkok, seperti lovebird, parkit,dll serta burung cucak ijo yang tergantung karakter dan kebiasaan.

Tips perawatan harian dan tehnik pengembunan pada burung

Pengembunan akan lebih efektif untuk burung kicauan dari jenis anis atau punglor, tledekan kacer, murai batu, cucak ijo dalam kondisi tertentu dan kebiasaan.
Waktu yang tepat mengeluarkan burung untuk diembunkan sejak pukul 05.00 pagi hingga mendapatkan cahaya pertama sinar matahari dst.

Mengeluarkan semua makanan dan minum saat melakukan pengembunan, jangan memberi makan dan minum, terutama pemberian EBOD VIT & EBOD JOSS saat penjemuran.
Jika ingin memberikan EF hendaklah diberikan sebelum pengembunan atau saat sebelum penjemuran.

Tempatkan burung yang diembunkan pada lokasi yang aman, nyaman.
Setelah tehnik pengembunan & penjemuran bersihkan kandang harian dengan memakai JATI JAJAR yang bermanfaat membunuh kuman serta bakteri yang biasanya menempel pada sela-sela sangkar yang tak terlihat oleh kasat mata.

Mandikan burung jika terliahat ingin mandi, campurkan JATI JAJAR sesuai takaran yang tertera di kemasan botol, agar burung terhindar dari kutu yang bisa merusak kantung suara melewati pori-pori kulit.
Gantilah air minum setiap hari dan usahakan air minum yang digunakan adalah air kemasan, minimal air yang sudah di masak, lalu berikan 5 tetes EBOD VIT yang mengandung banyak vitamin dan bermanfaat pada kesehatan burung serta fisik burung pada saat dilombakan.

Berikan juga 5 tetes EBOD JOSS agar burung lebih aktif berbunyi /gacor.
Selanjutnya mengenai tehnik dan pemberian EF / extra foding tergantung dari setelan serta kebiasaan pada burung anada sendiri.

Sumber : www.mediaronggolawe.com

19 komentar:

  1. salam kicau, pemakaian ebod joss di barengin sma ebod vit atau di selang seling sehari sekali ?
    Contoh hari ini pkai ebod vit, bsoknya ganti ebod joss bgitu strusnya bisa gk, tolong panduannya ?

    BalasHapus
  2. salam kicau, pemakaian ebod joss di barengin sma ebod vit atau di selang seling sehari sekali ?
    Contoh hari ini pkai ebod vit, bsoknya ganti ebod joss bgitu strusnya bisa gk, tolong panduannya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kicau bisa gan... asal tempat minum harus sering dibersikah dan diberikan air mineral atau sekira"nya air yang sudah dimasak....

      Hapus
    2. Salam kicau bisa gan... asal tempat minum harus sering dibersikah dan diberikan air mineral atau sekira"nya air yang sudah dimasak....

      Hapus
  3. Salam kicau bisa gan... asal tempat minum harus sering dibersikah dan diberikan air mineral atau sekira"nya air yang sudah dimasak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perbandinganya berapa tetes ∂άn brpa tetes klo di campur ebood vit ∂άn ebood joss.. ∂άn pemberianya tiapn hari apa seminggu brpa x buat ebodd vit dicampur ebood joss

      Hapus
  4. salam kicaumania...maaf saya pemula gan numpang nanya mata pada cucak ijo saya bengkak obat apa yg cocok untk obatnya dan mhon berikan cara pakainya?

    BalasHapus
  5. salam kicaumania...maaf saya pemula gan numpang nanya mata pada cucak ijo saya bengkak obat apa yg cocok untk obatnya dan mhon berikan cara pakainya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bio snot bisa gan harus rutin aja untuk tutorial penggunaan bsa cari di mbah google banyak

      Hapus
  6. kalo dalam kondisi mabung burung cucak ijo boleh tidak saya kasih kaca sesekali buat ngelatih mental pada burung. trus cara menuntaskan mabung pada burung ijo gimna. soalnya bulu pada sayap dan buntut udah pada pecah

    BalasHapus
  7. kalo burung cepet tuntas mabung pake apa ya . pemberian pada cucak ijo mabung berapa jangkrik pada 1 hari

    BalasHapus
  8. Salam kicau mania, burung kenari boleh enggk diembunkan?

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. banyak kicaumania menyuntikkan vitamin ato mieral cairnya ( bahkan putih telur jg) ke jangkrik yang akan diberikan ke burungnya....??? apakah hal ini tidak berbahaya....??? kl boleh, takarannya gmn?

    BalasHapus
  11. gan kenapa saat penjemuran tidak bolek di kasih makan dan minum

    BalasHapus
  12. ebod joss dan vit bisa untuk balibu gan.mohon pencerahan nya

    BalasHapus
  13. Salam kicau, pengen buat kenari jedah ny rapat suhu, mohon bocoran ilmu ny

    BalasHapus
  14. Misi om klo ebod vit di campur ebod jos buat kacer bisa ga dan manfaatnya bkal jdi kya gmna?

    BalasHapus